Rekomendasi Wisata Di Jogja Dengan Berwisata Budaya Di Keraton Yogyakarta Dan Taman Sari

Jogja selalu menjadi destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Selain karena keindahan alamnya yang memesona, Jogja juga memiliki keunikan dalam hal budaya dan sejarah. Salah satu wisata budaya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Keraton Yogyakarta dan Taman Sari.

Informasi Wisata

Informasi Deskripsi
Alamat Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta
Lokasi Jogja
Kategori Wisata Budaya
Harga Rp. 12.500 – Rp. 25.000
Daya Tarik Sejarah, Budaya, Arsitektur
Akses Jalan Mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum
Sejarah Singkat Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai simbol kekuasaan kerajaan Yogyakarta dan Taman Sari dibangun pada tahun 1758 sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan.

Alasan Mengunjungi

  • Mengetahui lebih dalam sejarah dan budaya Kerajaan Yogyakarta.
  • Menikmati keindahan arsitektur bangunan Keraton Yogyakarta dan Taman Sari.
  • Melihat langsung benda-benda peninggalan kerajaan yang masih terjaga dengan baik.
  • Melihat aktivitas kehidupan kerajaan yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sejarah Wisata

Keraton Yogyakarta dan Taman Sari merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Yogyakarta yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Keraton Yogyakarta dibangun sebagai simbol kekuasaan kerajaan dan pusat pemerintahan, sedangkan Taman Sari dibangun sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan.

Bangunan Keraton Yogyakarta didesain dengan gaya arsitektur Jawa kuno yang kental dengan nuansa kerajaan. Setiap sudut bangunan dipenuhi dengan seni ukir dan relief yang sangat indah. Sedangkan Taman Sari merupakan kompleks istana yang terdiri dari kolam-kolam, area rekreasi, dan tempat peristirahatan. Dahulu kala, Taman Sari digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air oleh keluarga kerajaan.

Keraton Yogyakarta dan Taman Sari merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Yogyakarta. Kedua tempat ini masih dijaga dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Fakta Wisata

  • Keraton Yogyakarta dijuluki sebagai “Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat” dan masih menjadi tempat kediaman Sultan Yogyakarta hingga saat ini.
  • Taman Sari terdiri dari 57 kolam dan menjadi tempat rekreasi keluarga kerajaan pada masa lalu.
  • Di dalam Keraton Yogyakarta terdapat museum yang menampilkan berbagai koleksi benda-benda peninggalan kerajaan.
  • Keraton Yogyakarta dan Taman Sari menjadi lokasi syuting film “Eat, Pray, Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  • 1. Apakah Keraton Yogyakarta dan Taman Sari masih berfungsi?
    Ya, Keraton Yogyakarta masih berfungsi sebagai kediaman Sultan Yogyakarta dan Taman Sari masih berfungsi sebagai destinasi wisata budaya.
  • 2. Apakah ada dress code untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta?
    Ya, pengunjung diharapkan mengenakan pakaian sopan dan tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka.
  • 3. Bisakah mengambil foto di dalam Keraton Yogyakarta?
    Ya, pengunjung diperbolehkan mengambil foto di dalam Keraton Yogyakarta. Namun, pengunjung diharapkan untuk tidak menggunakan flash saat mengambil foto.
  • 4. Apakah ada guide yang bisa diikuti saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari?
    Ya, ada guide yang bisa diikuti saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Pengunjung dapat mengikuti tour guide yang disediakan oleh pihak Keraton Yogyakarta dan Taman Sari.
  • 5. Berapa harga tiket masuk ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari?
    Harga tiket masuk ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari berkisar antara Rp. 12.500 – Rp. 25.000, tergantung pada jenis tiket yang dibeli.

Keuntungan Berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari

Berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para wisatawan. Selain dapat mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya Kerajaan Yogyakarta, pengunjung juga dapat melihat langsung benda-benda peninggalan kerajaan yang sangat berharga dan masih terjaga dengan baik.

Tips Berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari, sebaiknya pengunjung mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:

  • Menggunakan pakaian yang sopan dan nyaman.
  • Membawa kamera untuk mengambil foto.
  • Membawa air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Mengikuti tour guide agar dapat mendapatkan informasi yang lebih mendalam.

Kesimpulan

Keraton Yogyakarta dan Taman Sari merupakan destinasi wisata budaya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan mengunjungi kedua tempat ini, pengunjung dapat mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya Kerajaan Yogyakarta serta melihat langsung benda-benda peninggalan kerajaan yang sangat berharga. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan Keraton Yogyakarta dan Taman Sari yang sangat memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like