Mengenal Windows: Sejarah dan Perkembangannya

Sistem operasi Windows telah menjadi sistem operasi yang paling populer di dunia, dengan hampir 80% pengguna sistem operasi di dunia menggunakan Windows. Windows adalah sistem operasi yang ramah pengguna dan memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) yang menyediakan pengalaman yang mudah bagi pengguna akhir yang tidak terbiasa dengan komputer.

Awal Mula MS-DOS

Sejarah Windows dimulai dengan sistem operasi MS-DOS yang dikembangkan oleh Microsoft pada awal tahun 1980-an. MS-DOS dirilis pada tahun 1981 dan segera menjadi sukses karena kemampuannya dalam mengendalikan perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung ke komputer. Pada saat itu, MS-DOS berjalan pada baris perintah atau command line interface (CLI), yang tidak ramah pengguna.

Windows 1.0: Antarmuka Grafis Pertama

Pada tahun 1985, Microsoft memperkenalkan Windows 1.0, sistem operasi yang menyediakan lingkungan antarmuka pengguna grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Windows 1.0 hanya berjalan pada mode tunggal dan tidak memiliki dukungan untuk program yang berjalan di latar belakang, namun telah menunjukkan potensi besar untuk sistem operasi yang lebih canggih di masa depan.

Windows 2.0: Dukungan Program Latar Belakang

Versi Windows selanjutnya, Windows 2.0, diluncurkan pada tahun 1987 dan membawa perubahan besar pada Windows. Windows 2.0 memberikan dukungan untuk program yang berjalan di latar belakang, memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengelola file dan direktori, dan memperkenalkan menu drop-down. Windows 2.0 juga menambahkan dukungan untuk pemrosesan teks WYSIWYG (what you see is what you get) dan menggabungkan fitur grafis dari Windows 1.0.

Windows 3.0: Kesuksesan Besar

Pada tahun 1990, Windows 3.0 diluncurkan dan menjadi sukses besar. Windows 3.0 menambahkan dukungan untuk penggunaan memori yang lebih besar, memiliki fitur antarmuka pengguna yang lebih baik, dan memperkenalkan dukungan untuk pengembangan aplikasi yang lebih mudah. Windows 3.0 juga memperkenalkan fitur seperti clipboard, file manager, dan perangkat keras yang lebih canggih.

Windows 95: Tombol Start dan Taskbar

Pada tahun 1995, Windows 95 diluncurkan dan menjadi terobosan besar bagi Microsoft. Windows 95 adalah versi pertama Windows yang memiliki tombol start dan taskbar, membuat akses ke program dan file menjadi lebih mudah. Windows 95 juga memperkenalkan dukungan Plug and Play, yang memungkinkan perangkat keras terdeteksi secara otomatis dan memasang driver yang sesuai. Windows 95 juga merupakan versi pertama Windows yang mendukung Internet Explorer.

Windows 98: Dukungan untuk USB

Windows 98 diluncurkan pada tahun 1998 dan memperkenalkan dukungan untuk USB, Internet Explorer 4.0, dan kemampuan hibernasi. Windows 98 juga memiliki fitur seperti fitur pencarian, tampilan desktop yang lebih baik, dan pemutar media yang lebih canggih.

Windows 2000: Windows Pertama untuk Bisnis

Windows 2000 diluncurkan pada tahun 2000 dan merupakan sistem operasi Windows pertama yang dirancang untuk bisnis dan penggunaan perusahaan. Windows 2000 menambahkan dukungan untuk jaringan yang lebih besar, pemrosesan data yang lebih cepat, dan keamanan yang ditingkatkan. Windows 2000 juga memperkenalkan Active Directory, yang memungkinkan pengelolaan sumber daya jaringan yang lebih mudah dan efisien.

Windows XP: Populer dan Banyak Digunakan

Pada tahun 2001, Windows XP diluncurkan dan menjadi salah satu sistem operasi Windows yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Windows XP menambahkan dukungan untuk pengolahan multimedia yang lebih baik, antarmuka pengguna yang lebih baik, dan dukungan untuk berbagai perangkat keras dan perangkat lunak. Windows XP juga merupakan versi Windows pertama yang mendukung sistem file NTFS.

Windows Vista: Kritik karena Performa Lambat

Windows Vista diluncurkan pada tahun 2006 dan menambahkan fitur seperti Aero Glass, Sidebar, dan fitur keamanan yang lebih baik. Namun, Windows Vista mendapat kritik karena performanya yang lambat dan masalah kompatibilitas dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah ada.

Windows 7: Sukses Besar

Windows 7 diluncurkan pada tahun 2009 dan menjadi sukses besar bagi Microsoft. Windows 7 menambahkan fitur seperti taskbar yang lebih baik, dukungan untuk layar sentuh, dan dukungan untuk perangkat keras yang lebih baru. Windows 7 juga memperkenalkan fitur keamanan yang lebih baik dan dukungan untuk teknologi 64-bit.

Windows 8: Antarmuka Pengguna yang Berbeda

Windows 8 diluncurkan pada tahun 2012 dan memiliki antarmuka pengguna yang berbeda dari versi sebelumnya. Windows 8 menambahkan fitur seperti layar Start baru, dukungan untuk perangkat layar sentuh, dan dukungan untuk teknologi UEFI. Namun, Windows 8 juga mendapat kritik karena antarmuka pengguna yang berbeda dan sulit digunakan oleh pengguna yang sudah terbiasa dengan antarmuka pengguna Windows sebelumnya.

Windows 10 diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan sistem operasi Windows terbaru hingga saat ini. Windows 10 menambahkan fitur seperti Cortana, asisten digital yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan tugas, dan Microsoft Edge, browser web baru yang menggantikan Internet Explorer. Windows 10 juga memperkenalkan fitur Continuum, yang memungkinkan perangkat Windows 10 untuk beralih dari mode desktop ke mode tablet dengan lancar.

Windows 10: Sistem Operasi Terbaru

Selain itu, Windows 10 juga memiliki dukungan untuk teknologi 64-bit dan DirectX 12, teknologi grafis terbaru dari Microsoft yang memberikan performa game yang lebih baik. Windows 10 juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik, termasuk Windows Hello, yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke komputer mereka menggunakan wajah atau sidik jari mereka.

Sistem Operasi Windows

Sіstem operasі Wіndows merupakan pengembangan darі MS-DOS, sіstem operasі yang berbasіs modul teks dan barіs perіntah atau CLІ (Command Lіne Іnterface). Mіcrosoft Wіndows atau serіng dіsebut dengan Wіndows adalah sіstem operasі yang dіbuat dan dіkembangkan oleh Mіcrosoft Corporatіon, sebuah perusahaan software yang dіdіrіkan oleh Bіll Gates pada tahun 1975 dan berkantor pusat dі Redmond, Washіngton, Amerіka Serіkat. MS-DOS yang menjadі awal kesuksesan Mіcrosoft berasal darі Q-DOS (Quіck and Dіrty Operatіng System) yang dіtulіs oleh perusahaan manufaktur komputer Seattle Computer Products (SCP) dan dіpіmpіn oleh Tіm Paterson pada tahun 1980 dan dіrancang untuk prosesor Іntel 8086 . Pada tahun 1981 Mіcrosoft membelі lіsensі Q-DOS seharga US $ 50.000 dan merubah nama sіstem operasі menjadі MS-DOS, sedangkan yang dіjual ke perusahaan komputer ІBM dan langsung dіbundel dengan komputer tersebut dіberі nama ІBM PC-DOS

Setelah kesuksesan MS-DOS, pada tahun 1983 Microsoft merilis MS-DOS versi 2.0 pada komputer PC XT. Kemudian pada tahun 1984 MS-DOS 3.0 untuk PC AT menggunakan chip Intel 80286 dan mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB. Juga di tahun yang sama, dirilis MS-DOS 3.1 yang mendukung jaringan (networking). November 1985 Microsoft memperkenalkan MS-Windows, sistem operasi yang menyediakan lingkungan antarmuka pengguna grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sistem operasi bernama Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983. Pada tahun 1986 Microsoft meluncurkan versi baru MS-DOS, versi 3.2. dalam versi ini Microsoft menambahkan dukungan untuk disket 720 KB 3,5 inci.

Kelebihan Windows

  • Windows adalah sistem operasi yang ramah pengguna. Antarmukanya ramah pengguna, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakannya (Pengguna akhir berarti seseorang yang tidak terbiasa dengan komputer, orang biasa yang akan menjalankannya).
  • Selain itu, dukungan perangkat keras lengkap.
  • Jumlah aplikasi yang ditujukan untuk platform Windows. Karena hampir 80% OS Windows digunakan di dunia, maka banyak sekali aplikasi yang dibuat untuk OS ini, bahkan banyak juga yang freeware.
  • Dapat berbagi komputer untuk dijalankan di LINUX dengan Live DVD.
  • Kompatibel, yang dapat diinstal di PC mana pun.
  • Jika masalah mudah diatasi karena banyak ahli yang mengerti OS ini.
  • Pengguna dapat berbagi dari data aplikasi lain dengan mudah.
  • Pengguna dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan.
  • Pengguna dapat membuka lebih dari satu file secara bersamaan

Kekurangan Windows

  • Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang rentan terhadap penyakit seperti hang atau serangan virus.
  • Harga lisensi Windows asli relatif mahal jika dibandingkan dengan OS lain.
  • Menyebabkan ketergantungan pada penggunaan produk Microsoft.
  • File LINUX tidak dapat dibuka di Windows.
  • Karena versi baru selalu keluar jadi jika kita ingin lebih powerfull maka kita harus mengupgrade windows dengan harga yang relatif mahal.
  • Windows mendukung sistem file partisi dengan format FAT, FAT16, FAT32, NTFS, serta ISO9660.
  • Ruang hard disk yang dibutuhkan besar.
  • Membutuhkan memori fisik yang besar.
  • Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
  • Membutuhkan perawatan dan prosedur terus menerus sesuai dengan pedoman yang ada saat menggunakannya.

Kesimpulan

Dalam perkembangannya, Windows telah menjadi sistem operasi yang sangat populer dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan dukungan untuk berbagai perangkat keras dan perangkat lunak, Windows telah membantu jutaan pengguna di seluruh dunia dalam menjalankan tugas mereka. Meskipun Windows telah berkembang dengan banyak perubahan dan peningkatan sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985, namun sistem operasi ini terus menjadi bagian penting dari teknologi komputer modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like