Mengenal Sistem Operasi MacOS: Sejarah, Fitur, dan Kelebihannya

Sistem operasi Macintosh atau MacOS merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia, khususnya dalam industri desain grafis dan multimedia. MacOS dibuat oleh perusahaan teknologi asal Amerika, Apple Inc, dan pertama kali dirilis pada tahun 1984. MacOS sangat berbeda dengan sistem operasi yang digunakan oleh komputer berbasis IBM. Salah satu kelebihan MacOS adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) yang pertama kali digunakan pada sistem operasi ini. Selain itu, MacOS juga mempunyai sejarah yang panjang dan kaya akan inovasi dan perkembangan yang terus berlanjut hingga saat ini.

Sejarah MacOS

Pada awalnya, sistem operasi Macintosh menggunakan sistem operasi klasik atau dikenal juga sebagai Mac OS 9. Sistem operasi ini hanya menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI) sepenuhnya dan tidak memiliki command line interface (CLI) atau terminal. Dalam sistem operasi klasik ini, Macintosh menggunakan cooperative multitasking yang dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Pada tahun 2001, Apple meluncurkan sistem operasi MacOS X atau sering disebut dengan OS X. Pada OS X, Apple mengintegrasikan BSD Unix ke dalam sistem operasi Macintosh dan menggunakan pre-emptive multitasking. Hal ini memungkinkan pengguna MacOS untuk menjalankan program secara bersamaan dengan lebih baik dan menjalankan program yang memerlukan kecepatan dan kinerja yang tinggi.

Dalam perkembangannya, MacOS mengalami beberapa perubahan penting. Pada tahun 2012, Apple mengumumkan pengembangan MacOS X dan menggantinya dengan MacOS. Selain itu, Apple juga memperkenalkan arsitektur prosesor baru, yaitu prosesor Apple Silicon, yang diintegrasikan ke dalam produk-produk Macintosh.

Fitur MacOS

MacOS mempunyai banyak fitur yang membuatnya berbeda dengan sistem operasi lain. Salah satu kelebihan MacOS adalah kemampuannya untuk mengenali berbagai format file yang berasal dari sistem operasi Windows. Hal ini memudahkan pengguna MacOS untuk berbagi dan bekerja bersama-sama dengan pengguna sistem operasi Windows.

Selain itu, MacOS juga terkenal dengan tampilan yang lebih glossy, yang cocok untuk industri desain grafis dan multimedia. Dokumen yang dibuat di Macintosh dapat dibaca di sistem operasi lain, dan sebaliknya. Asalkan terdapat program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang dapat membaca formatnya.

Keamanan juga menjadi salah satu kelebihan MacOS. Karena MacOS menggunakan kode open source, maka sistem operasi ini sulit diretas dan terkena virus. MacOS juga memiliki program “Time Machine” yang secara otomatis berjalan di background tanpa mengganggu aplikasi yang sedang berjalan untuk membackup sistem yang sedang berjalan dan perubahan data.

Sistem operasi MacOS juga dilengkapi dengan program “Sherlock” yang tidak hanya mencari file di hard disk dan jaringan lokal, tetapi juga dapat bekerja di internet dan mencari dengan kata kunci. Fitur ini memudahkan pengguna MacOS untuk mencari file yang mereka butuhkan dengan lebih cepat.

Kelebihan MacOS

MacOS juga memiliki beberapa kelebihan lainnya yang menjadikannya sistem operasi yang populer di industri kreatif, antara lain:

  1. Antarmuka pengguna yang sederhana dan elegan

Antarmuka pengguna pada MacOS sangat mudah digunakan dan lebih intuitif dibandingkan dengan sistem operasi lain. Icon dan menu yang dirancang dengan indah menjadikan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan produktif.

  1. Integrasi yang baik dengan perangkat Apple lainnya

Sistem operasi MacOS sangat terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone dan iPad. Pengguna MacOS dapat dengan mudah mentransfer file dari perangkat Apple lainnya ke dalam Macintosh dengan mudah dan cepat.

  1. Dukungan terhadap aplikasi kreatif

MacOS memiliki dukungan yang lebih baik untuk aplikasi kreatif, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Final Cut Pro. Hal ini membuat MacOS menjadi pilihan utama bagi para profesional kreatif di seluruh dunia.

  1. Sistem file yang mudah digunakan

MacOS menggunakan sistem file yang mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mencari file dengan mudah. Dalam MacOS, file-file dapat diorganisir dengan lebih baik dan lebih efisien.

  1. Ketersediaan aplikasi yang lebih aman dan andal

Aplikasi yang tersedia di MacOS lebih aman dan andal dibandingkan dengan sistem operasi lain. Apple memastikan bahwa setiap aplikasi yang tersedia di Macintosh telah melewati proses verifikasi dan validasi yang ketat sebelum dirilis ke publik.

  1. Kemampuan untuk menjalankan Windows

MacOS juga memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem operasi Windows melalui aplikasi “Boot Camp”. Hal ini memungkinkan pengguna MacOS untuk menjalankan aplikasi Windows yang tidak tersedia di MacOS.

Kekurangan MacOS

  • Mahal, karena spesifikasi teknisnya tinggi. Aksesoris dan suku cadangnya banyak tapi mahal
  • Hanya cocok untuk desainer grafis
  • Mac OS tidak dapat digunakan dengan sistem operasi lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
  • Mac tidak dapat dirakit sendiri karena Apple belum memberi lisensi kepada perusahaan lain untuk membuat perangkat keras yang dapat menggunakan Mac OS
  • Perangkat lunak di Mac OS tidak terlalu lengkap
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.
  • Mac OS tidak dapat digunakan dengan sistem operasi lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
  • Mac tidak dapat dirakit sendiri karena Apple belum memberi lisensi kepada perusahaan lain untuk membuat perangkat keras yang dapat menggunakan Mac OS
  • Software di Mac OS belum lengkap
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game (rid)

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mengenal sistem operasi MacOS, dari sejarah, fitur, hingga kelebihannya. MacOS merupakan sistem operasi yang populer di industri kreatif, terutama di industri desain grafis dan multimedia. MacOS memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan elegan, integrasi yang baik dengan perangkat Apple lainnya, dan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi kreatif. Selain itu, MacOS juga mempunyai keamanan yang lebih baik dan mudah digunakan, serta kemampuan untuk menjalankan sistem operasi Windows. Semua ini menjadikan MacOS sebagai pilihan yang tepat bagi para profesional kreatif yang mencari sistem operasi yang andal dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like