Cara Mendaftar E-Dabu BPJS Kesehatan

Apa Itu e-Dabu BPJS Kesehatan?

e-Dabu merupakan layanan BPJS Kesehatan yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran peserta baru secara online. Dengan menggunakan layanan ini, maka Anda akan dapat mengajukan pendaftaran secara langsung melalui website resmi BPJS Kesehatan tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dengan demikian, proses pendaftaran menjadi lebih mudah dan praktis.

Langkah-langkah Mendaftar e-Dabu BPJS Kesehatan

Langkah 1: Mengunjungi Website Resmi BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan melalui link berikut: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/. Setelah itu, Anda dapat melihat halaman utama website tersebut.

Langkah 2: Klik Tombol “e-Dabu”

Setelah berada di halaman utama website resmi BPJS Kesehatan, Anda dapat melihat tombol “e-Dabu” yang berada di bagian atas halaman website. Klik tombol tersebut untuk masuk ke layanan e-Dabu.

Langkah 3: Isi Data Diri dan Klik “Daftar”

Setelah masuk ke layanan e-Dabu, maka Anda akan melihat sebuah formulir yang berisi data diri. Isi formulir tersebut dengan data diri Anda sebenar-benarnya, mulai dari nama, tanggal lahir, nomor KTP, dan lain sebagainya. Setelah selesai, klik tombol “Daftar”.

Langkah 4: Ambil Nomor Pendaftaran dan Cetak Bukti Pendaftaran

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran. Simpan nomor pendaftaran tersebut untuk mengikuti proses selanjutnya. Selain itu, Anda juga dapat mencetak bukti pendaftarannya. Pada bukti pendaftaran tersebut terdapat informasi mengenai nomor pendaftaran, nama peserta, tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Langkah 5: Lengkapi Proses Verifikasi

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk menyelesaikan proses verifikasi. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda yang melakukan pendaftaran dan bukan orang lain. Untuk proses verifikasi, Anda dapat melakukannya melalui Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Langkah 6: Aktifkan Kartu BPJS Kesehatan

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan diberikan sebuah kartu BPJS Kesehatan. Kartu tersebut dapat digunakan untuk berbagai pelayanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk mengaktifkan kartu tersebut, Anda dapat mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat dan menyerahkan kartu tersebut beserta bukti pendaftaran.

Kesimpulan

Pendaftaran BPJS Kesehatan melalui layanan e-Dabu dapat dilakukan secara online. Proses pendaftaran ini relatif mudah dan praktis, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dalam waktu singkat. Setelah selesai mendaftar, Anda akan mendapatkan sebuah kartu BPJS Kesehatan yang akan digunakan untuk berbagai pelayanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like